Bikin Maksimal Area di Belakang Rumah

Apabila di bagian belakang rumah Anda masih ada sisa lahan, Anda bisa membuat taman mungil sebagai area resapan hijau. Perbedanya, taman belakang berukuran lebih luas dari taman depan. Dari taman belakang tersebut, cahaya dan udara masuk ke bagian dalam bangunan melalui pintu kaca dengan empat daun pintu yang lebar.

 Di area ini faktor privasi tidak lagi menjadi pertimbangan, bukaan dibuat lebar dengan aplikasi kaca transparan. Terlebih lagi apabila bagian ruang makan lebih banyak terpapar cahaya matahari. Ambians natural dari cahaya matahari bisa meningkatkan selera makan penghuni dan mengakrabkan suasana makan.

 Adanya bukaan lebar dan cahaya alami di area belakang rumah minimalis, tidak hanya menerangi ruang makan, tapi juga ke bagian bangunan yang lebih dalam, seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Jadi, Anda pun bisa menghemat energi. Anda bisa menghias bidang fasad dengan menggunakan batu alam dan aksen pencahayaan area tangga yang menggunakan kaca buram untuk alasan privasi dan cahaya tidak berlebihan.

Kaca buram dipisahkan elemen kayu vertikal yang terlihat menyambung dari lantai satu ke lantai dua. Desain rumah minimalis pada fasad menunjukkan kepraktisan gaya hidup penggunanya yang modern. Struktur kantilever yang meniadakan tiang semakin dipertegas kesan praktis dan simpelnya. Struktur tersebut menyangga balkon di atasnya yang dikelilingi railing minim ornamen.

 Anda pun bisa membuat permainan garis vertikal dan horizontal di fasad yang minimalis, lalu diselaraskan dengan desain interior yang minim ornamen. Warna krem, cokelat, dan gading dipadukan selaras melalui dinding. Ini akan membuat suasana rumah Anda terlihat lebih segar. Konsistensi ini memperkuat karakter hunian yang mengusung gaya rumah modern minimalis, baik di area luar maupun di dalam.

 Ada baiknya Anda rencanakan pembagian ruangan di setiap lantainya, misalkan di lantai satu berisi ruang publik dan servis dengan penggunaan sirkulasi. Sementara di lantai dua, Anda bisa memanfaatkan bukaan lebar sebagai sirkulasi area kamar tidur.